Senin, 11 Juni 2012

EURO 2012 JERSEYS: GRUP D

Sekarang saatnya saya untuk mengakhiri semuanya... inilah bagian terakhir dari serial posting saya tentang kostum yang digunakan oleh tim2 peserta Euro 2012. Tadi saya sudah bercerita tentang kostum tim dari Grup A, B, dan C. Sekarang, saya akan membahas tentang kostum2 tim di grup terakhir, yaitu Grup D. Di Grup D ada Perancis, Inggris, Ukraina, dan Swedia. Di posting ini saya akan membahas semua kostumnya secara singkat tapi detail, baik kostum kandang dan kostum tandangnya. Langsung saja, inilah bagian terakhir serial posting saya, tentang kostum Euro 2012, yang kali ini membahas kostum2 tim dari Grup D.

PERANCIS
Kostum timnas Perancis didesain oleh Nike. Kostum kandang Perancis berwarna biru, dengan pola garis2 yang membagi warna kostum menjadi dua, yaitu biru dan biru gelap. Bagian logo berwarna emas. Kostum ini memiliki bentuk kerah yang unik, terinspirasi dari kerah seragam tentara pengawal Perancis. Di bagian dalam kostum terdapat tulisan "NOS DIFFERENCES NOUS UNISSENT" yang berarti "Our differences unite us", merujuk pada para pemain timnas Perancis yang berasal dari latar belakang yang berbeda namun dipersatukan dalam satu tim dengan tujuan yang sama. Tulisan ini juga bisa bermakna keragaman masyarakat Perancis. Tulisan nomor pemain akan ada di bawah logo apparel. Untuk kostum tandangnya, warnanya putih polos, dengan strip biru gelap-putih garis2 pada bagian ujung lengannya. Kostumnya juga berkerah, tapi tidak memiliki bentuk seperti seragam tentara Perancis, melainkan kerah biasa. Di bagian kerah dalam kostum terdapat strip warna merah yang diambil dari pita merah yang dipakai masyarakat Perancis setelah Revolusi Perancis tahun 1798. Di bawahnya, terdapat tulisan yang sama dengan kostum kandangnya. Posisi nomor pemain untuk kostum ini juga ada di bawah logo apparel.

INGGRIS
Kostum timnas Inggris dibuat oleh Umbro. Kostum kandangnya berwarna putih dengan strip merah. Logo apparel dan logo timnas Inggris semuanya berwarna merah. Kostum ini memiliki kerah yang unik, berbentuk kerah bundar, yang jika terbuka atau terangkat ke atas, akan memperlihatkan pola garis2 berwarna merah, ada merah, merah tua, dan merah terang, yang terinspirasi dari kerah jaket yang dulu pernah dipakai oleh pelatih legendaris Inggris, Sir Alf Ramsey. Ia adalah pelatih Inggris ketika Inggris menjuarai Piala Dunia 1966. Di leher kostum juga terdapat kancing, sehingga kostum ini memiliki kesan klasik. Warna kostum ini terinspirasi dari warna bendera England, yang berupa bendera putih dengan tanda salib berwarna merah. Untuk kostum tandangnya, timnas Inggris memakai warna biru gelap dengan strip biru muda. Bagian logo apparel berwarna putih, dan logo timnas berwarna putih, biru, dan merah. Kostum ini juga memakai kerah, dengan warna kerah biru muda. Bentuknya tidak bundar seperti kerah kostum kandangnya, dan lebih terlihat seperti kerah biasa. Posisi nomor pemain untuk kedua kostum ini akan ada di bawah logo apparel.

UKRAINA
Kostum timnas Ukraina dibuat oleh Adidas. Kostum kandang Ukraina berwarna kuning dengan strip biru, sama seperti warna bendera negaranya. Pada bagian badan kostum, terdapat pola etnik Ukraina, berupa ornamen berwarna kuning dan biru yang berpola kotak2 di bagian pinggir, dan di dalamnya terdapat gambar lambang negara Ukraina. Di kiri-kanannya terdapat pola gambar daun bordiran. Kerah kostum berbentuk setengah lingkaran dengan pola kotak2, berwarna kuning dan biru. Di belakang kerah terdapat tulisan dalam aksara Cyrillic (aksara Rusia) yang memiliki arti "Go, Ukraine!" dan di bawahnya terdapat lambang negara Ukraina yang dikelilingi oleh dedaunan. Kostum tandangnya berwarna biru dengan strip kuning, pembalikan dari kostum kandangnya, dan semua pola dan detail kostumnya sama. Yang membedakan adalah warna pada kerahnya yang tidak berselang-seling. Warna kerahnya biru, dengan strip kuning pada bagian kiri dan kanannya. Posisi nomor pemain akan ada di bagian dada kiri kostum.

SWEDIA
Kostum timnas Swedia dibuat oleh Umbro. Kostum kandangnya berwarna kuning, dengan strip biru. Pada bagian badan kostum terdapat garis2 kecil berwarna biru yang membelah kostum. Kerah kostum juga unik, dengan ujung depan yang melipat, berwarna kuning dengan strip biru. Pada bagian kerah dalam berwarna biru, dan pada garis kerah dalam berwarna kuning-biru garis2. Kostum tandangnya berwarna biru gelap dengan pola strip berbentuk selempang dari dada kiri ke pinggang depan kanan berwarna kuning. Kerahnya berbentuk V, dengan warna biru gelap, dan pada garis kerah dalam berwarna kuning-biru garis2.

Nah, seperti itulah penjelasan kostum untuk tim2 di Grup D. Ini berarti saya sudah selesai menjelaskan semua kostum yang dipakai oleh tim peserta Euro 2012. Maaf, kalau misalnya untuk penyelesaian posting ini butuh waktu yang lama, karena ada urusan dulu di luar untuk beberapa saat. Untuk penjelasan soal kostum2 yang dipakai oleh tim2 di Grup A, B, dan C, kalian bisa lihat di posting sebelum ini. Baiklah, saya pikir segini saja posting saya, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Di musim Euro kali ini, banyak penjual kaus yang menjual kostum2 tim peserta Euro 2012, mulai dari yang KW hingga yang low-end. Kalian bisa mendapatkannya di mana saja, dengan harga dan kualitas yang bervariasi. Pilih kostum tim favorit Anda selagi ada, dan pakailah untuk mendukung tim jagoan kalian di Euro 2012. Oke, kalau begitu, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar