Senin, 11 Juni 2012

EURO 2012 JERSEYS: GRUP C

Kostum2 tim di Grup A dan Grup B sudah saya tulis, sekarang saya lanjut ke kostum2 tim di Grup C. Di grup ini ada juara bertahan Spanyol, Italia, Irlandia, dan Kroasia. Untuk kostum timnas Spanyol, sebenarnya sudah pernah saya tulis, tapi untuk me-refresh lagi, saya akan menulisnya lagi, bersama dengan kostum2 tim yang lainnya. Kebetulan yang dulu saya tulis adalah kostum kandangnya, sekarang saya akan tulis barengan kostum tandangnya juga. Langsung saja, inilah bagian ketiga dari serial posting saya, tentang kostum2 tim peserta Euro 2012, yang kali ini akan membahas kostum2 di Grup C.

SPANYOL
Kostum timnas Spanyol dirancang oleh Adidas. Kostum kandangnya tetap memakai warna merah, dengan strip kuning dan sedikit strip biru. Kerahnya berbentuk V, berwarna merah dengan pinggiran kuning. Pada bagian badan kostum terdapat pola bayangan dua garis miring, yang melambangkan kesuksesan Spanyol menjuarai Piala Eropa sebanyak dua kali, pada tahun 1964 dan 2008. Pada bagian kerah dalam kostum terdapat tulisan "CAMPEONES DE EUROPA" dan tulisan tahun 1964 dan 2008, yang dibelah oleh garis berwarna bendera Spanyol dengan latar belakang biru, juga melambangkan kesuksesan Spanyol sebagai juara Eropa dua kali. Pada bagian kerah belakang, terdapat tulisan "REAL FEDERACION ESPANOLA DE FUTBOL" yang juga dibelah oleh garis berwarna bendera Spanyol dan latar belakang biru. Pada bagian logo, terdapat tanda satu bintang, melambangkan keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia. Untuk kostum tandangnya, timnas Spanyol akan memakai kostum berwarna biru laut dengan strip biru gelap. Di bagian badan kostum, terdapat pola selempang berbentuk garis2 dari bagian dada kanan atas kostum hingga bagian pinggang depan kiri kostum, yang semakin ke bawah, semakin menghilang. Detail pada bagian kerah dalam dan kerah belakang sama, namun bedanya di bagian kerah belakang tidak ada tulisan Real Federacion Espanola de Futbol. Pola kerahnya setengah lingkaran, berwarna biru gelap di kiri-kanannya. Di Euro 2012 ini, timnas Spanyol akan memakai logo khusus, yang menyatakan status mereka sebagai juara bertahan, pada bagian lengan kanan.

ITALIA
Kostum timnas Italia dirancang oleh Puma. Kostum kandangnya tetap berwarna biru, dengan kerah yang cukup unik, berbentuk kerah bundar, berwarna putih dengan pinggiran warna bendera Italia, yang melambangkan peringatan 150 tahun Unifikasi Italia. Pada bagian badan kostum terdapat pola bayangan panah berbentuk V melebar, mengarah ke bawah. Di kerah dalam, terdapat tanda empat bintang, yang melambangkan sukses Italia sebagai juara Piala Dunia empat kali. Pada kostum ini juga terdapat gambar QR code, serupa dengan tanda barcode, yang jika di-scan di website apparel, akan memperlihatkan sejarah sepakbola di Italia. Untuk kostum tandangnya, berwarna putih dengan strip biru, berkerah V berwarna biru, dengan gambar empat bintang di kerah dalamnya. Tulisan nomor pemain nantinya akan ada di dalam strip biru yang ada di dada kostum, berada pada posisi di antara logo apparel dan logo timnas Italia.

IRLANDIA
Kostum timnas Irlandia dirancang oleh Umbro. Kostum kandangnya berwarna hijau, dengan pola garis2. Pola garis2 ini membagi warna kostum menjadi dua, yaitu hijau tua dan hijau. Pada setiap garis terdapat pinggiran warna coklat muda, yang diambil dari warna bendera Irlandia. Pada detail kostum, di garis2 yang berwarna hijau tua terdapat pola double zig-zag dengan warna hijau tua dan hijau saling berselang-seling yang mengarah ke atas. Kostum ini berkerah, dengan warna kerah hijau. Tulisan nomor akan ada di bawah logo apparel. Untuk kostum tandangnya, berwarna putih dengan strip berwarna hijau tua-hijau garis2 segaris dengan logo tim. Kostum ini juga berkerah, dengan warna kerah putih dan hijau-putih garis2 pada bagian kerah dalamnya. Untuk para fans, biasanya pada kostum ini terdapat logo sponsor tim, yaitu perusahaan telekomunikasi Three Telecom.

KROASIA
Kostum timnas Kroasia dirancang oleh Nike. Untuk kostum kandangnya, kita sudah tahu bahwa Kroasia selalu tampil dengan kostum merah-putih kotak2, tetapi kali ini ada yang berbeda. Bila biasanya kotak2 di kostum Kroasia selalu sama besar, maka untuk kostum kali ini, ukuran kotak2nya berbeda. Kotak2 pada bagian badan lebih besar daripada kotak2 di bagian lengan. Kerahnya berbentuk setengah lingkaran, dengan warna merah. Untuk kostum tandangnya, Kroasia juga terkenal dengan kostum tandang berwarna biru dengan pola kotak2 merah-putih sebagai aksen. Di kostum tandang Kroasia ini, warnanya biru, dengan pola asimetris di mana bagian badan dan dada kiri kostum berwarna biru, sementara bagian dada kanan berwarna merah-putih kotak2. Kerahnya juga berbentuk setengah lingkaran dan berwarna merah.

Seperti itulah penjelasan saya tentang kostum2 tim di Grup C. Masih ada satu grup lagi yang kostumnya akan saya jelaskan, yaitu kostum2 tim di Grup D. Ini akan menjadi bagian terakhir dari serial posting saya tentang kostum2 di Euro 2012. Untuk Grup C cukup dulu sampai di sini, dan setelah ini, saya akan lanjut ke bagian terakhir serial posting ini, yaitu kostum2 tim di Grup D. Baiklah, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar