Jumat, 08 Juni 2012

EURO 2012: UKRAINE NATIONAL TEAM PLAYERS

Seperti halnya delapan tim pertama yang saya tulis di sini, di mana saya menuliskan daftar pemain dari salah satu tim tuan rumah sebagai tim terakhir, maka untuk delapan tim kedua yang sudah saya tulis selama kurang lebih dua-tiga hari terakhir, saya juga akan mengakhirinya dengan menuliskan daftar pemain dari tim tuan rumah. Beruntung, ada dua tim tuan rumah di sini, jadi salah satunya bisa disimpan. Ukraina menjadi tim terakhir yang saya tulis daftar pemainnya di sini. Bersama Polandia, yang merupakan tetangganya di sebelah barat mendekati barat laut, Ukraina menjadi tuan rumah Euro 2012. Untuk timnya sendiri, ini adalah untuk pertama kalinya mereka lolos ke Piala Eropa, dengan status sebagai tuan rumah. Mungkin jika seandainya Polandia dan Ukraina tidak terpilih menjadi tuan rumah, belum tentu Ukraina akan main tahun ini. Skuad Ukraina pada awalnya diumumkan pada tanggal 8 Mei 2012, dengan format 26 pemain. Tidak ada pemain yang cedera ataupun dikeluarkan karena alasan lain, meskipun tim ini sudah menyiapkan tim cadangan yang sewaktu-waktu bisa bergabung dengan skuad jika terjadi hal2 seperti yang disebutkan sebelumnya. Pada tanggal 29 Mei 2012 Ukraina secara resmi mengumumkan skuadnya untuk Euro 2012, dengan komposisi 21 pemain berasal dari klub lokal, terbanyak kedua setelah Inggris dan menyamai Rusia, dan dua pemain yang bermain di luar Ukraina. Berikut adalah daftar pemain timnas Ukraina untuk Euro 2012.

KIPER
Maksym Koval (Dynamo Kyiv)
Andriy Pyatov (Shakhtar Donetsk)
Oleksandr Horyainov (Metalist Kharkiv)
BELAKANG
Yevhen Selin (Vorskla Poltava)
Yevhen Khacheridi (Dynamo Kyiv)
Oleksandr Kuchev (Shakhtar Donetsk)
Vyacheslav Shevchuk (Shakhtar Donetsk)
Taras Mychalyk (Dynamo Kyiv)
Yaroslav Rakitskiy (Shakhtar Donetsk)
Bohdan Butko (Illichivets Mariupol)
TENGAH
Anatoliy Tymoshchuk (Bayern Munchen)
Denys Harmash (Dynamo Kyiv)
Oleksandr Aliyev (Dynamo Kyiv)
Oleh Husyev (Dynamo Kyiv)
Andriy Yarmolenko (Dynamo Kyiv)
Ruslan Rotan (Dnipro Dnipropetrovsk)
Serhiy Nazarenko (Tavriya Simferopol)
Yevhen Konoplyanka (Dnipro Dnipropetrovsk)
DEPAN
Andriy Shevchenko (Dynamo Kyiv) (c)
Andriy Voronin (Dynamo Moskow)
Artem Milevskiy (Dynamo Kyiv)
Yevhen Seleznyov (Shakhtar Donetsk)
Marko Devych (Shakhtar Donetsk)
PELATIH
Oleh Blokhin

Mungkin timnas Ukraina bisa dikatakan sebagai "Dynamo Kyiv mini" karena cukup banyak pemain asal Dynamo Kyiv yang ada di sana, termasuk Andriy Shevchenko. Melihat daftar pemainnya, Ukraina memiliki banyak pemain yang kita tahu dan pernah kita dengar, tapi ada juga yang tidak. Mungkin nama Shevchenko dan Anatoliy Tymoshchuk sudah sering kita dengar, karena pernah main di liga2 Eropa, Artem Milevskiy juga pernah kita dengar, tetapi untuk beberapa nama, Andriy Yarmolenko dan sebagainya, jarang kita dengar dan mungkin nggak semua orang tahu. Terakhir kali kita melihat Ukraina di Piala Dunia 2006. Dan kalau melihat skuad yang ada sekarang, mungkin hanya beberapa nama yang masih tersisa, dan hampir semuanya yang ada di sini adalah nama2 baru. Biarpun mereka tuan rumah, peluang mereka bisa dikatakan cukup kecil, karena di grup mereka ada dua tim besar plus satu calon kuda hitam. Tapi yang namanya tuan rumah pasti dukungannya paling besar, karena dukungan dari masyarakat setempat. Terlebih lagi, semua pertandingan tim ini dimainkan di kota2 besar, seperti di Kiev dan Donetsk. Jelas akan ada banyak penonton yang berasal dari masyarakat Ukraina, dan mereka pasti akan memberi dukungan yang sangat besar untuk tim ini. Kalau mereka bisa tampil lepas dan tidak menjadikan ekspektasi masyarakat Ukraina sebagai beban, bukan tidak mungkin Ukraina bisa tampil mengejutkan di Euro 2012 ini. Dulu di Piala Dunia 2006, mereka juga tampil mengejutkan dengan lolos ke babak perempat final. Mungkinkah untuk kali ini mereka kembali membuat kejutan, terlebih kali ini mereka tampil di hadapan pendukungnya sendiri ? Bukan tidak mungkin itu akan terjadi. Bagaimanapun juga, kalau sudah masuk ke lapangan dan peluit wasit sudah ditiup tanda pertandingan dimulai, apa yang mungkin sudah tergambar di atas kertas belum tentu menjadi nyata di lapangan. Bisa saja Ukraina akan membuat kejutan di Euro 2012 ini, karena mereka punya modal yang cukup untuk membuat mereka bisa tampil penuh semangat di atas lapangan nanti.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya, semoga bisa memberi informasi untuk kalian semua. Dengan dipublikasikannya posting ini, maka berakhir sudah serial posting daftar pemain tim peserta Euro 2012. Untuk berikutnya, saya akan menulis jadwal Euro 2012, untuk kalian yang belum memilikinya. Setelah itu, semuanya akan berjalan mengikuti masa penyelenggaraan Euro 2012, saya akan membahas banyak hal lain yang berhubungan dengan Euro 2012, sambil juga menulis hal2 lain yang menjadi topik2 bahasan blog ini seperti biasa. Oke, kalau begitu sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini... sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar