Kamis, 21 Juni 2012

LIVERPOOL'S 15 BEST HOME KITS

Ketika awal berdirinya pada tahun 1892, Liverpool Football Club memakai kostum yang lebih mirip dengan kostum Blackburn Rovers pada saat ini daripada kostum Liverpool yang kita kenal saat ini. Kostum putih-biru dengan celana dan kaus kaki biru muda menjadi kostum Liverpool untuk tiga tahun sebelum kemudian kostum ini diganti dengan kostum merah dan celana putih yang bertahan hingga era sebelum Bill Shankly melatih Liverpool. Ketika Bill Shankly melatih Liverpool, ia membuat sebuah keputusan yang kemudian mengubah persepsi terhadap Liverpool Football Club untuk selamanya. Ia mengganti celana putih yang dipakai saat itu dengan celana merah, dan diberi tambahan kaus kaki merah, sehingga membuat kostum Liverpool menjadi serba merah. Bill Shankly ketika itu berkata, "Biasanya kita bermain dengan celana berwarna putih dengan strip merah, kaus kaki putih dengan ujung atas berwarna merah, dan bagian berwarna putih pada kaus. Tapi kita mengubahnya menjadi serba merah dan hasilnya fantastis. Saya pulang ke rumah malam itu dan saya bilang pada Ness, 'Kau mau tahu sesuatu ? Malam ini saya pergi ke Anfield dan untuk pertama kalinya saya melihat ada sebuah sinar seperti api yang sedang membakar.'" Warna serba merah memang digambarkan Bill Shankly sebagai warna yang penuh dengan keberanian. Itulah yang membuatnya memutuskan untuk mengganti warna kostum Liverpool menjadi serba merah, dengan tujuan untuk mengintimidasi lawan. Sejak saat itulah, Liverpool selalu bermain dengan kostum berwarna merah, dengan Warrior sebagai pembuat kostum terbarunya, yang kostum kandangnya mencetak rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah klub pada beberapa minggu pertamanya.
Bersamaan dengan kesenangan yang terjadi pada saat peluncuran kostum terbaru Liverpool, sebuah panel dari website resmi Liverpool memilih 15 kostum kandang terbaik Liverpool sepanjang masa. Berikut adalah hasil pilihan mereka. Hasil pilihan akan diurutkan mundur dari nomor 15 hingga 1.
Urutan ke-15, kostum yang dipakai dari musim 2000-2002. Salah satu kostum buatan Reebok, menghadirkan logo Liverpool di posisi dada tengah kostum dengan perisai. Salah satu kostum yang dipakai Steven Gerrard pada awal karirnya.
No. 14, kostum bersponsor pertama Liverpool, dipakai dari musim 1979-1982. Hitachi menjadi sponsor pertama Liverpool dari musim 1979-1982, sekaligus membuatnya menjadi klub profesional Inggris pertama yang memakai logo sponsor pada kostumnya.
No. 13, kostum era Pra-Bill Shankly, dipakai dari musim 1963-1965. Kostum ini memiliki kerah bundar berwarna putih, dan kaus kaki putih dengan bagian atas berwarna merah. Logo Liverpool saat itu berupa burung liver berwarna merah dengan lingkaran luar berwarna putih dan strip merah.
No. 12, kostum musim 1988-1989. Perhatikan ban hitam yang terpasang di lengan, itu dipasang untuk mengenang korban Tragedi Hillsborough.
No. 11, kostum yang dipakai pada musim 2004-2006. Kostum ini bersejarah tingkat tinggi, kostum ini dipakai Liverpool saat menjuarai Champions League kelimanya.
No. 10, kostum yang dipakai musim 2008-2010. Kostum ini adalah kostum terakhir Liverpool dengan sponsor Carlsberg, sekaligus kostum terakhir Fernando Torres di musim penuhnya bersama Liverpool (ia pindah pada pertengahan musim 2010-2011)
No. 9, kostum yang dipakai dari musim 1996-1998. Kostum pertama Liverpool buatan Reebok, menghadirkan logo Liverpool dalam lingkaran putih, yang merupakan salah satu cikal-bakal logo Liverpool saat ini.
No. 8, kostum musim 1985-1986, kostum pertama Liverpool buatan Adidas pada era Kenny Dalglish. Dengan kostum ini, Liverpool meraih Double Winners (juara Divisi I dan juara Piala FA) pada musim pertama Kenny Dalglish menjadi pemain merangkap pelatih (player-manager)
No. 7, kostum lain dari era Pra-Bill Shankly, kostum musim 1955-1956. Bedanya dengan kostum musim 1963-1965, kostum ini berkerah dan memiliki warna putih. Selain itu kaus kakinya berwarna merah-putih garis2. Logo Liverpool-nya sama, berwarna merah dengan lingkaran luar berwarna putih strip merah.
No. 6, kostum musim 1987-1988. Kostum ini buatan Adidas, memiliki desain kerah baru, dan untuk pertama kalinya logo Liverpool diberi perisai, seperti yang terlihat di tulisan "This Is Anfield".
No. 5, kostum musim 1995-1996. Kostum ini terkenal dengan kerahnya yang lebar berwarna putih. Pada kostum ini logo yang menjadi cikal-bakal logo Liverpool saat ini muncul, dibordir dengan perisai tambahan di bagian luarnya.
No. 4, kostum Liverpool yang akan dipakai untuk musim 2012-2013, buatan Warrior Sports, yang mengembalikan logo burung Liver seperti pada era Kenny Dalglish saat menjadi pemain. Modern Tradition.
No. 3, kostum Liverpool yang dipakai dari musim 1983-1985. Kostum ini adalah kostum terakhir buatan Umbro, dan dengan kostum ini, Liverpool meraih gelar Champions League-nya yang keempat. Kostum ini terkenal dengan pola garis2 putihnya pada bagian badan kostum.
No. 2, kostum yang dipakai dari musim 1976-1979. Dengan kostum ini, Liverpool meraih gelar juara Eropa secara back-to-back pada musim 1977 dan 1978. Untuk pertama kalinya, logo burung Liver berwarna emas, setelah sebelumnya berwarna putih.
No. 1, kostum serba-merah pertama Liverpool yang dipakai dari musim 1965-1969, yang mengubah persepsi terhadap Liverpool Football Club untuk selamanya. Sejak saat itu, Liverpool is Red!
Itulah 15 kostum kandang Liverpool terbaik hasil pilihan panel dari website resmi Liverpool, lengkap dengan sedikit penjelasan dan sejarah di balik kostum itu. Ini membuktikan bahwa setiap kostum memiliki sejarahnya masing2, baik itu sejarah baik atau sejarah buruk. Itulah yang kemudian membuat semua kostum dari setiap klub menjadi barang yang sangat bermakna untuk para penggemarnya. Liverpool punya banyak kostum kandang yang berbeda sepanjang sejarahnya, dan di dalam kostum itu, tersimpan momen2 terbaik yang membentuk sebuah sejarah yang sangat panjang untuk klub ini.
Baiklah, saya pikir segitu saja dulu tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Semoga kalian juga mengerti semua penjelasan singkat yang saya tulis dalam setiap kostum yang ditampilkan. Kalian bisa sedikit belajar tentang sejarah Liverpool dari kostum2 ini. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar