Jumat, 22 Juni 2012

FASHION: JUVENTUS 2012-2013 AWAY KIT

Sudah lama saya nggak posting soal kostum klub untuk musim depan, karena sibuk ngomongin Euro. Saya baru dapatkan ini tadi malam, ini adalah kostum tandang baru Juventus untuk musim depan. Tidak seperti musim lalu yang berwarna cerah dan tidak biasa, fuchsia (bukan pink lho, ya...) dengan pola bintang besar berwarna hitam, untuk musim depan, Juventus akan memakai kostum tandang berwarna hitam dengan strip putih. Kostum ini dilengkapi dengan logo perisai bendera Italia yang merupakan logo scudetto alias juara Serie-A Liga Italia. Kerah kostum terinspirasi dari kerah kostum yang dipakai oleh Juventus saat menjuarai Coppa Italia musim 1941-1942. Pada bagian kerah dalam, terdapat sebuah kalimat dari legenda yang juga Presiden Kehormatan Juventus, Giampiero Boniperti, yaitu "Vincere Non E Importante E L'Unica Cosa che Conta", yang berarti "Winning is not important, it is everything". Pada bagian ujung lengan terdapat dua garis yang didalamnya terdapat garis2 kecil dengan warna hitam-putih berselang-seling. Pada bagian kerah belakang, terdapat tulisan Juventus, sama seperti yang ada pada kostum musim lalu, tetapi dengan bentuk huruf yang berbeda. Pada kostum juga terdapat logo Juventus dengan tiga bintang di atasnya, dan tulisan "30 Sul Campo" yang berarti "30 well-earned on the pitch" di bawahnya, yang menyatakan klaim Juventus atas gelar scudetto yang mereka raih sepanjang sejarah mereka, yaitu sebanyak 30 kali, termasuk dua gelar yang dicabut gara2 kasus Calciopoli. Pihak Federazione Italiana Giouco Calcio (FIGC) sebagai federasi sepakbola Italia hanya mengakui Juventus juara Liga Italia sebanyak 28 kali, sementara dua gelar lainnya diserahkan pada pesaing mereka, FC Internazionale Milan. Itulah yang kemudian membuat keputusan Juventus untuk memasang bintang ketiga pada kostum mereka menjadi kontroversial. Meskipun begitu, saat kostum ini dipakai oleh para pemain Juventus, kostum ini tidak dihiasi bintang atau tulisan apapun pada logonya. Di bagian dada kostum terdapat sebuah bidang persegi panjang berwarna putih dengan tulisan Jeep, sebagai sponsor baru Juventus, di dalamnya. Warna celana kostum ini hitam dengan strip hitam pada bagian sampingnya. Kaus kakinya berwarna hitam, dengan dua garis putih di bagian atasnya, dan tulisan Juventus di bagian belakangnya. Kostum tandang baru Juventus ini diluncurkan pada tanggal 15 Juni 2012. Untuk lebih jelasnya, seperti inilah gambar2 kostumnya...
Kostum ini akan tersedia dalam dua versi. Versi pertama, yang akan dipakai oleh para pemain dan yang akan dijual di toko merchandise klub, memiliki dua bintang di atas logo, mengikuti klaim dari federasi sepakbola Italia. Versi lainnya adalah untuk suporter. Kostum inilah yang nantinya akan memakai tiga bintang dan tulisan "30 Sul Campo" pada logonya. Sisanya, semua sama.
Soal kostum ini, sebenarnya saya menganggapnya cukup bagus, Juventus seakan back to basic dengan kostum warna hitamnya, yang memang merupakan warna mereka. Tapi kalau menurut saya, ada satu hal yang cukup mengganggu, yaitu pada tulisan sponsor. Ada latar belakang berwarna putih pada tulisan Jeep, sehingga memberi kesan seakan-akan ada name tag di kostum itu. Lebih bagus kalau tulisan Jeep-nya berwarna putih, dan tanpa latar belakang putih, sehingga lebih menyatu dan lebih matching. Saya suka tulisan kutipan dari Giampiero Boniperti yang ada di kerah dalam. Mudah2an ini dapat memotivasi para pemain untuk tampil hebat di lapangan. Kostum ini simpel, tidak heboh dengan warna yang terang dan nge-jreng, plus lebih berciri Juventus, karena warna yang dipakai di sini adalah warna tim. Mereka akan jadi lebih terlihat keren di lapangan, apalagi kalau pertandingan berlangsung malam hari. Secara keseluruhan, kostum ini cukup bagus dan simpel.
Baiklah, saya pikir segitu saja dulu tulisan saya, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Saya dulu pernah melihat kostum ini di penjual kaus yang ada di pinggir jalan, jadi kalau saya bilang, kostum ini sudah ada dalam bentuk KW-nya. Buat para Juventini yang berminat, bisa langsung cari saja. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

1 komentar: